Perbedaan Sistem dan Aplikasi



Gubuk Inspirasi - Dalam kamus Bahasa Indonesia mendefinisikan Sistem sebagai perangkat unsur secara teratur saling berkaitan berdasarkan suatu prosedur kerja (aturan kerja) yang telah ditetapkan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.  Sedangkan Aplikasi merupakan perangkat lunak berupa sebuah program yang dapat mengolah data menjadi suatu bentuk informasi.

Dari penjelasan tersebut apakah sistem masih dapat dikatakan aplikasi? Teman teman Gubuk Inspirasi , sistem dan aplikasi merupakan dua hal yang berbeda. Perbedaan Aplikasi dan Sistem yang paling dapat dipahami yaitu aplikasi tidak saling berinteraksi dan bekerja sama berdasarkan prosedur kerja (aturan kerja) yang telah ditetapkan. Sedangkan sistem suatu hal yang dibuat dari perangkat-perangkat yang saling bekerja sama berdasarkan prosedur.

Bagaimana dengan kalkulator? Bukankah kalkulator mengolah berbagai rumus yang saling bekerja sama (misal perkalian dan pembagian) untuk menghasilkan sebuah informasi penghitungan? 

Memang benar di dalam kalkulator terdapat ribuan rumus yang saling bekerja sama untuk menghasilkan sebuah informasi hasil penghitungan. Namun, kalkulator tidak dapat dikatakan sebuah sistem melainkan kalkulator merupakan salah satu contoh aplikasi. Kalkulator hanya mampu mengolah angka yang di masukkan oleh user dan memprosesnya sesuai dengan perintah (perkalian, penjumlahan, pengurangan, dll). Kalkulator hanya mengolah input, tidak bekerja sama dengan sistem maupun aplikasi manapun.

Hal tersebut berbeda dengan sistem operasi komputer (OS atau Operating System). Sistem Operasi pada komputer merupakan salah satu contoh dari sistem yang melakukan perintah-perintah penting dalam komputer. Sistem Operasi akan bekerja sama dalam menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan. Sistem Operasi mewadahi aplikasi-aplikasi dalam komputer untuk dapat menggunakan memori dan mempunyai hak untuk mengakses file dalam sistem. Sistem Operasi akan bekerja sama dengan seluruh aplikasi dalam komputer. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi akan mengatur jadwal yang tepat sehingga sebisa mungkin mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu aplikasi yang lain.

Nah, bagaimana dengan Perguruan Tinggi yang mengatakan bahwa mereka memiliki sistem bukan sebuah aplikasi? Apabila Perguruan Tinggi hanya mempunyai satu sistem informasi manajemen yang mencakup keseluruhan kebutuhan operasional akademik, maka dapat dikatakan bahwa hal tersebut benar-benar dapat dikatakan sistem. Namun apabila Perguruan Tinggi memiliki beberapa sistem informasi manajemen seperti SIM Akademik, SIM Keuangan, SIM Beasiswa, dan SIM lainnya, maka hal tersebut tidak dapat dikatakan sebuah sistem namun aplikasi.

Banyak kesalahan yang mimin temukan khusus mahasiswa teknik dalam penamaan sebuah judul scripsi meraka, Misal ; "Membangun sistem Kasir Kantin" padahal yang meraka bangun sebuah aplikasi, yang mana aplikasi tersebut hanya mengola transakasi bayar dari sebuah kasir dan memprosesnya sesuai dengan perintah.

Nah, teman teman sudah pada tahu kan.. jadi teman - teman sudah mulai faham Apa bedanya Sistem dan Aplikasi. Jangan sampai keliru lagi, hehe
Mungkin cukup sekian dari mimin, sedikit dan semoga bermanfaat. 

Terima kasih.

1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Powered by Blogger.