Hak Asasi Manusia Memilih Agama

Hak Asasi Manusia Memilih Agama


Indonesia dikenal dengan sebutan negara “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu” dengan adanya semboyan ini, Indonesia memiliki beragam suku, agama, ras, budaya dan masih banyak lagi keberagaman lainnya. Indonesia juga memiliki ideologi bangsa yaitu pancasila, salah satu diantaranya adalah sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Berdasarkan pasal 29 ayat 1 memberi penyataan bahwa :

 1. Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa 
2. Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya.

 Sesuai semboyan, ideologi serta undang-undang yang telah ditetapkan, negara Indonesia mengahurskan warganya untuk beragama. 

Akhir-akhir ini banyak yang membicarakan mengenai warga ISIS yang tinggal di luar negeri kemudian ingin kembali ke Indonesia. Terutama bagi warga negara Indonesia yang tak bersangkut paut dengam ISIS kemudian mereka ingin kembali ke Indonesia untuk menjalani hidup yang tenang dan ingin menggapai cita-cita nya sebagai dokter. Namun, ada beberapa pro kontra yang terjadi pada kesepakatan pemerintah juga para warganet Indonesia. 

Setelah saya melihat culikan vidio yang ditayangkan pada saat mata kuliah dialog lintas agama dan hak asasi manusia, saya beranggapan dan memiliki rasa kasihan dengan adanya kasus seperti ini, ingin mereka kembali dan menggapai cita-citanya di negeri sendiri. Namun, saya pun tak ingin terjadi kasus kriminalisasi yang akan kembali terjadi. 

Tak hanya saya yang berpendapat namun ada beberapa dosen yang menjadi nara sumber pada saat matakuliah agama ini untuk menyuarakan pendapat-pendapat beliau. Yang pertama ada dosen agama islam berpendapat bahwa kebebasan beragama sudah ditetapkan sejak dulu, tertulus dalam al-quran surah Al-kafirun ayat 1-6 yang berarti :

 1. Katakanlah (Muhammad), Wahai orang-orang kafir! 
2. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah 
3. Dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah, 
4. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,
5. Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah
6. Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.

 Pada ayat ke-6 ditekankan bahwa siapapu berhak memiliki agama dengan agama apapun. Jika saya islam, maka saya akan mengurus agama islam saya dan tidak akan mengurus agama yang lain. Begitupun sebaliknya, jika kamu agama nonmuslim, maka uruslah agamamu sendiri tanpa mengurus agama islam, dan siapapun dengan agamanya, tidak boleh memaksakan oraang lain untuk masuk pada agamanya. 

Begitu pula pada Al-quran surah Al-Baqoroh ayat 256 yang berbunyi

“Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas (perbedaan) antara jalan yang benar dengan jalan yang sesat. Barang siapa ingkar kepada Tagut dan beiman kepada Alllah, maka sungguh, dia telah berpegang (teguh) pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui”

di ayat ini ditegaskan kembali bahwa tidak ada paksaan bagi agama lain untuk ikut agama Islam, mereka berhak memilih agama mereka masing-masing karena mereka sudah dapat memilih dengan kepercayaan mereka masi-masing. 

ISIS memiliki prinsip tersendiri yaitu “ingin menegakkan agama Allah yang diajarkan Rasul dan Khalifah” dan  “ingin berjihad di jalan Allah” mereka beranggapan bahwa orang yang berjihad di jalan Allah akan dijamin kehidupannya hingga anak-anaknya. Namun, para anggota ISIS menyalah artikan makna jihad dijalan Allah, mereka berjihad dengan meniadakan orang-orang yang menentang agama Islam. Dengan banyak pertimbangan ini ex ISIS tidak diterima kembali apabila ingin kembali ke Indonesia karena takut terjadi kekacauan lagi. Karena sesuai dengan UU no.12 tahun 2006 yang bebunyi “bagi orang yang meninggalkan Indonesia berarti dia sudah kehilangan jati dirinya” dan sesuai Al-quran surah al-ahzab ayat 60 berbunyi

“sungguh, jika orang-orang munafik, orang-orang yang berpenyakit dalam hatinya, dan orang-orang yang menyebarkan kabar bohong di Madinah tidak berhenti (dari menyakitimu). Niscaya Kami perintahkan engkau (untuk memerangi) mereka, kemudian mereka tidak lagi menjadi tetanggamu (di madinah) kecuali sebentar,”

Agama kristen berpendapat jika ISIS kembali ke Indonesia, mereka akan memaafkan kesalahan yang telah diperbuat, namun mereka tetap mengikuti kebijakan pemerintah, apabila pemerintah mengembalikan makan ummat agama kristen pun akan menerima. Karena, kristen menghormati kebijakan pemerintah, sebab hal tersebut menjadi perintah Tuhan. 

Pada perspektif Pak Jhon dari agama katolik beliau bercerita pada tanggal 18 mei 1981 seseorang yang berasal dari Turki melempar 4 peluru kepada orang tertinggi pimpinan tertinggi di gerejany. Kemudian setelah orang yang tertembak tersebut sembuh beliau menemui orang yang menembak kemudian memberi maaf. Selain itu, pada bulan Februari 2018 seorang Romo Prier ada yang membacok namun, beliau juga memberi maaf pada orang yang mengancam nyawanya. Dari sekian cerita yng dipaparkan beliau semua berpacu pada Kitab suci mereka yang berbunyi “gembala tak boleh lari saat serigala datang” “untuk memaafkan orang yang salah agar menciptakan kedamaian dunia, memberikan kasin sayang”. Selain itu ada pesan dari bapak Jhon bahwa “menghargai itu alasan pertama, menghargai bahwa kamu adalah manusia” “biarkan hukum yang menjawab atas perbuatan buruk yang telah menimpa, tak usah sebaliknya kita panas kemudian membalasnya”

Agama Budha menjunjung tinggi hak asasi manusia, di agama Budha ada sistem kasta, dan ada beberap orang yang tidak setuju dengan sistem kasta karena di sistem ini ada perbedaan antara orang derajat tinggi dengan orang yang punya derajat rendah. Seharusnya mereka dihormati karena setiap orang mencapai kebebasan. Mereka lebih mengutamakan “Welas Kasih” yaitu kebenaran, kejujuran. Dan ada istilah Hili “rasa malu” untuk melakukan kesalahan “atapa” takut saat berbuat salah. Beliau berpendapat untuk berada dipertenghan tentang ex ISIS yang ingin kembali ke Indonesia.

Ibu Wayan dari agama Hindu berpesan “Ahimsa” berarti tidak membunuh atau menyakiti. Dan “Tan Twan Asi” aku adalah kamu, kamu adalah aku. Sebagai makhluk hidup kita diharapkan untuk tiddak saling menyakiti dan berharap untuk saling menghargai dan memaafkan. Dan jika ada ex ISIS yang ingin kembali ke Indonesia mereka akan memaafkan dan menerimanya kembali

Jadi,  di semua agama menerima kedatangan ex ISIS kembali, dan memaafkan, namun semuanya bergantung pada keputusan Pemerintah, boleh mengembalikan lagi atau tidak.
___
Sumber gambar : http://wahidfoundation.org/

2 comments:

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Powered by Blogger.