Belajar Kehidupan Dari Peternak Lovebird

Belajar Kehidupan Dari Peternak Lovebird

Beberapa saat yang lalu, aku sempet bertukar bincang, sedkiti bertanya tentang dinamika hidup menjadi seorang peternak lovebird. Ya! Lovebird pernah menjadi trend di Indonesia, layaknya batu akik yang pernah viral, begitu pula dengan lovebird. 

Lovebird adalah jenis burung yang sering dilombakan dan dibudidayakan. Hal ini karenan coraknya yang beragam dan enak dipandang, selain itu karena kicauannya yang merdu dan perawatannya yang relative mudah 

Pada masa jayanya, lovebird pernah dihargai begitu mahal, bahkan ada yang sempat viral dengan berani membeli seekor lovebird dan membarternya dengan sebuah mobil. Sebuah transaksi yang cukup sensasional dan dikenangan dalam dunia lovebird. 

Selain itu, konon katanya memelihara lovebird dapat membawa ketenangan dan menjaga kesehatan mental. Hal ini menurut penuturan orang-orang dapat menjaga kesehatan mental karena merdunya suara kicauan burung lovebird yang membawa rasa damai dan tenang. 

Beberapa saat yang lalu, aku sempat berbincang perihal senang dan susahnya menjadi seorang yang pekerjaan utamanya bergantung kepada ternak burungnya 

“Melihara lovebird ini soal bertahan dan konsisten Mas! Melihara lovebird iki yo soal kita ngejaga kepercayaan orang! Sekali nama kita tercoreng, susah bertahan di bisnis ini mas!” akunya padaku 

Memang, memelihara lovebird itu hal yang terpenting adalah kepercayaan, karena jika sekali saja nama kita tercoreng sebagai peternak lovebird, maka susah mendapat konsumen yang ingin membeli burung ternakan kita. Karena memang sebagian besar pendapatan seorang petani lovebird adalah hasil transaksi jual beli burung tersebut. 

Selain itu, aku pun cukup penasaran dengan kehidupan si bapak ini! Karena berasal dari pengakuannya, pekerjaan sehari-harinya hanya memelihara lovebird dan tidak ada pekerjaan lainnya. Waw, hebat kataku dalam hati! Menggantungkan hidup kepada sebuah pekerjaan yang bersifat temporal dan musiman seperti beternak lovebird ini. 

Akupun memberanikan diri bertanya tentang pendapatan dan caranya mengatur hidup sehari-hari, bagaimana ia mengatur pengeluaran dan pemasukan untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari. 

“Sehari-harinya sih saya mengusahakan buat makan dirumah Mas! Selain ya biar makin deket dan erat dengan istri, juga biar hemat dan cukup. Soalnya kan masih buat beli kebutuhan anak Mas, kayak popok dan susu, kudu pinter-pinter ngatur keluar masuknya uang itu dah mas!” 

Setelah itu, si bapak kembali perihal pentingnya menjaga kejujuran dalam usahanya, bahkan semua usaha yang paling penting adalah kejujuran tuturnya! 

“Yo nek gak jujur, susah mas mau bertahan, mau usaha ataupun kerja apa aja kalo ndak jujur ya susah Mas!” ungkapnya kembali 

Dari perbincangan itu, aku mendapat banyak hikmah kehidupan. Tentang bertahan dalam sebuah perkejaan, tentang menjaga amanah dan kejujuran dalam sebuah usaha maupun pekerjaan. Sebuah kisah sederhana dari seorang peternak lovebird yang tetap bertahan meskipun trend ini sedang mengalami penurunan minat 

Sebuah usaha yang perlu tekad dan kegigihan untuk tetap bertahan, serta konsistensi dan ketekunan menjaga dan memelihara lovebird agar tetap berkicau dengan riang gembira dan tetap terus berlanjut menyambung kehidupan dari beternak lovebird.

1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Powered by Blogger.