Sekilas Tentang Asrama Khusus Siswa Madrasah Ibtida’yah

Sekilas Tentang Asrama Khusus Siswa Madrasah Ibtida’yah

Pemandangan berbeda terlihat ketika memasuki sebuah asrama yang berdiri di bawah naungan pondok pesantren nurul jadid daerah paton-probbolinggo. Namanya adalah Asrama nurus Shobah yang dihuni oleh santri dari kalangan siswa MI nurul Mun’im.
Moh Sahlan, Nurul Jadid. 

Didaerah Probolinggo ada sebuah pondok pesantren yang bernama Pondok Pesantren Nurul Jadid, didalamnya memang terdapat beberapa lembaga formal mulai dari SD/MI/sederajat sampai jenjang Universitas. Para santrinyapun tidak hanya dari kalangan remaja saja, melainkan yang mengejutkan dari kalangan anak-anak. Ya, di Pondok pesantrn ini, ada asrama khusus yang di sedakan oleh pihak pesantren bekerjasama dengan lmbaga MI Nurul Mun’im. Asrama Nurus Shobah namanya, untuk menuju ke asrama ini kita harus melewati gerbang utama (pos 1) pintu masuk Pondok Pesantren Nurul Jadid, atau bisa pula lewat gerbang belakang (pos 2). Letaknya yang di himpit beberapa wilayah lain dari pesantren membuat asram ini tidak begitu eksis dan cukup jarang ada yang tahu. 

Saat menuju asrama Nurus Shobah ini, kita akan menemukan ukiran ditugu dari semen tepat disamping pagar dekat pintu masuk ke asrama. Tulisan Asrama MI Nurul Mun’im Wilayah Nurus Shobah menunjukkan bahwa asrama tersbut dihuni oleh santri dari kalangan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Lokasi asrama ini terletak di kanan jalan bersebelahan dengan Wilayah Ar-Rumi. 

Sejak pertama memasuki asrama ini, suasana tenang asri dan bersih menyapa apalagi ditamah suara ramai anak-anak yang sedang bergurau, menambah rasa kekeluargaan yang ada didalamnya.Ustadz Syukron selaku mantan Kepela Wilayah Asrma ini mengatakan, bahwa memang asrama ini hanya khusus untuk siswa MINM saja, namun bagi siswi juga disediakan asrama dengan lokasi wilayah yang berbeda. Meskipun hanya dihuni oleh santri dari Madrasah Ibtida’iyah, ternyata Asrama Nurus Shobah ini mampu meraih juara satu (1) kebersihan dan administrasi wilayah pada acara Haul&Harlah Pondok Pesantren Nurul Jadid yang ke 68 dan juara satu (1) kebersihan yang diadakan oleh KLINIK Az-Zainiyah. 

Sekilas Tentang Asrama Khusus Siswa Madrasah Ibtida’yah

Tak semua siswa di Madrasah Ibtida’iyah Nurul Mun’im berdomisili di asrama ini, sebab asrama ini memang tidak di wajibkan bagi siswanya. Hanya saja memang ada beberapa siswa yang sengaja dimondokkan dengan bebrapa alasan tertntu, seperti keinginan sendiri dari si anak. “ Kalau dari yang saya amati, memang ada ebrapa anak yang memilh mondok disini ya karna kenginannya sendiri, ada juga yang karna orang tuanya terpaksa harus merantau jauh dan dia dirumah ga ada yang ngurusin, broken home juga, dan yatim piatu”. Begitu jelas ustadz Syukron. 

Sayangnya, Asrama yang dihuni oleh 28 santri dari MI Nurul Mun’im ini sekarang sudah mengalami penurunan menjadi 15 anak termasuk 2 santri yang masih kelas 1 MI Nurul Mun’im. Penybabnya karana tidak adanya penambahan santri baru, dan santri lama yang sudah lulus dari Madrasah Ibtida’iyah akan dipindah ke asrama lain sesuai jenjang yang dipilih di tingkat SLTP/Sederajat. “ trkait jumlah santri pada tahun 2013 itu sebanyak 28, stiap tahunnya yang sudah klas akhir, artinya sudah kelas 6 tu harus sudah pindah ke asrama. Lanjut SMP ya pndah ke SMP, yang lanjut MTs ya pindah di asrama MTs”.
___
Kontributor : M Sahlan mahasiswa semester 5 Program studi Komunikasi dan penyiaran Islam Universitas Nurul Jadid

No comments

Powered by Blogger.