Kiai Mujib ; Gusdur Sosok Pejuang Masyarakat

Kiai Mujib ; Gusdur Sosok Pejuang Masyarakat

Komunitas Gitu Saja Kok Repot Gusdurian Pasuruan adakan Haul Satu Dekade kepulangan KH Abdurrahman Wahid alias Gusdur di SMA Excellent Al-Yasini Kompleks Pondok Pesantren Alyasini, Keraton, Pasuruan, 26/01/2020.

Mahfud Sawaluddin sebagai koordinator Jaringan Gitu Saja Koq Repot Gusdurian Pasuruan menyampaikan bahwa selama ini gusdurian sudah mampu melakukan pendampingan siswa yang tersebar di 13 sekolah pasuruan. Aktif juga melakukan kajian rutin pada rabu awal bulan tentang pemikiran gus dur.

K Mujib Imron, Pengasuh Ponpes Alyasini sekaligus wakil bupati pasuruan mengungkapkan dalam sambutannya bahwa sosok gus dur adalah sosok yang mampu mempelajari keilmuan yang berbasis kemasyarakatan.

"Gusdur adalah ulama kelas dunia, keilmuannya berbasis masyarakat. Ilmu yang dipelajarinya seperti fikih, politik, dan apapun itu berbasis masuarakat. Kealimannya mampu mengayomi, mengarahkan, dan membuka wawasan. Beliau juga mampu menjelaskan dengan bahasa yang bisa diterima oleh banyak orang", tutur yai mujib.

Yai mujib menjelaskan mengapa gusdur bisa menjadi orang hebat. Alasan apa yang bisa mengantarkannya menjadi sosok yang sangat dikagumi oleh banyak kalangan.

"Kenapa gus dur jadi orang hebat? Karena berkah bu nyai solehah dan kecerdasan kyai wahid hasyim. Disamping itu juga mengalir darah pendiri nahdlatul ulama, kiai hasyim asy"ari. Apalagi, gusdur memang pantas menjadi bapak bangsa karena merakyatnya yang baik, juga sangat rajin belajar dan membaca", jelasnya.

Pemikiran pemikiran gus dur serig menimbulkan kontroversi yang jelas akan mengundang pro dan kontra diantara para ulama'. Tetapi hal ini, gusdur mampu menjelaskan dengan baik apa sudah menjadi fatwanya yang membuat kontroversi tersebut. Seperti yang pernah ditentang oleh Kiai As'ad Situbondo.

"Pemikirannya gusdur banyak tentangan dari para ulama, bahkan Kiai As'ad Situbondo sampai mufaraqah dari Nahdlatul Ulama'. Tetapi Gusdur tenang saja mempersilahkan Kiai As'ad mufaraqah. Karena hal ini akan menjadi kekuatan yang luar biasa, Nahdlatul Ulama tetap jalan, Kiai As'ad diluar itu juga tetap jalan yang orientasinya akan kembali pada penguatan NU" Jelas Yai Mujib.

"Jadi hal tersebut akan menjadi dua kekuatan besar, meskipun bahasanya mufaraqah tapi pada hakikatnya, kiai as'ad tetap berjuang demi Nahdlatul Ulama dan Kemaslahatan Umat", akhiri yai mujib.
___
Photo oleh : Abdur Rachmad

1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Powered by Blogger.