Burdah dan Penyucian Hati

Burdah dan Penyucian Hati

Salah satu kebiasaan orang Arab yang dapat kita jumpai di Indonesia adalah bembacaan Qosidah Burdah yang berisikan lagu atau syair-syair pujian kepada nabi. Awalnya Burdah diciptakan oleh Imam Al Bisiri dari Mesir kemudian di sebarkan oleh murit-muritnya kebelahan dunia, salah satunya di Indonesia. 

Qashidah Burdah memang selalu didengungkan oleh para pecintanya setiap saat. Baik di semenanjung Arab maupun di negara-negara non Arab, pelbagai majelis khusus untuk pembacaan Burdah dan penjelasan bait-baitnya. Tak henti-hentinya muslimin di seluruh penjuru dunia menjadikannya sebagai luapan kerinduan pada Nabi. 

Di negara seperti Yaman dan daerah-daerah sekitarnya misalnya pembacaan qashidah Burdah setiap subuh hari Jum’at atau ashar hari Selasa. Sedangkan para ulama Al-Azhar di kota Mesir banyak yang mengkhususkan hari Kamis untuk pembacaan Burdah dan mengadakan kajian. Sementara Indonesia Burdah kerapkali dilantun oleh kaum Nahdiyin dan biasanya di baca dengan cara duduk sembari berkumpul. 

Namun, di Pondok Pesantren Nurul Jadid pembacaan Burdah terkesan unik, para santri dianjurkan untuk berkeliling mengintari area pondok pesantren sembari membaca Burdah. 

Biasanya kegiatan tersebut dilaksanakan setia hari Jum’at ba'da salat subuh. Kegiatan ini bertujuan agar para santri terbiasa membaca Burdah dan dapat menghafal Burdah dengan baik luar kepala.

1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Powered by Blogger.