Asrama Nurus Shobah, Biasakan Pola Hidup Mandiri - Ganti Waktu Bermain Dengan Kegiatan Pesantren

Asrama Nurus Shobah, Biasakan Pola Hidup Mandiri - Ganti Waktu Bermain Dengan Kegiatan Pesantren

Rentetan seabreg kegiatan positif sudah menjadi kebiasaan bagi santri di Asrama Khusus pelajar Madrasah Ibtida’yah Nurul Mun’im, mulai dari kegiatan pesantren sampai pola hidup mandiri mereka laksanakan dengan sukarela disini.
-Nur Azizah, Nurul Jadid. 

Bermain adalah hal yang paling disukai anak-anak, utamanya pelajar SD/MI/Sederajat. Biasanya selepas penat di Sekolah, anak-anak akan menyibukkan diri dengan bermain. Namun berbeda dengan siswa Madrasah Ibtida’iyah Nurul Mun’im yang bermukim di Asrama Nurus Shoabah. Ya, mereka disibukkan dengan berbagaimacam kgiatan yang ada diasrama. 

Asrama yang lokasinya berada dibawah naunagan Pondok Pesantren Nurul jadid ini memang seudah membiasakan pola hidup mandiri bagi santri yang tinggal didalamnya. Meskipun santri disini masih berusia kisaran 8-12 tahun mereka tetap bersemangat melaksanakan kegiatan santri pada mumnya, seperti pengajian Qur’an, kitab dan kegiatan pesantren lainnya. 

Asrama ini membiasakan sholat berjama’ah lima waktu sebagai bentuk usaha untuk melatih dan membiasakan santrinya yang notabene masih anak kecil dengan sholat berjama’ah. Selepas sholat subuh berjama’ah para santri kemudian mengikuti pembinaan Al-Qur’an dan bagaimana mreka belajar untuk mengetahu cara baca dan melatih kfashihan mmbaca Al-Qur’an. Bersih-bersih juga menjadi kegiatan wajib harian, dimana semua santri membersihkan Asrama yang mereka tempati mulai dari kamar sampai halaman Asrama. Diasrama ini mrka memang diajari untuk mempersiapkan semua kebutuhan sendiri, termasuk ketka ingin brangkat ke sekolah. “Untuk kegiatan asrama setiap harinya selepas sholat shubuh berjamaah, itu ada pembinaan Al-Quran samapai pagi, setelah itu bersih-bersih halaman atau kamar masing-masing, kemudian anak-anak diarahkan untuk persiapan sekolah di Madrasah Ibtida’iyah Nurul Mun’im”. Begitu ungkap mantan kepala wilayah Nurus Shobah, Ustadz Syukron. 

“Mereka memiliki waktu istirahat selepas pulang sekolah, kemudian ba’da Sholat ashar berjama’ah mereka harus kembali ke Madrasah Ibtida’iyah Nurul Mun’im untuk mengikuti pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Nurul Mun’im. Setelah kembali ke asrama mereka kemudian diarahkan untuk bersiap-siap melaksanakan sholat maghrib berjama’ah. Ada juga pelaksanaan kegiatan belajar mandiri bersama, yang dilaksanaan tiap selesai sholat isya’ berjama’ah, kegatan ini bersifat rutin kecuali hari libur.” Terang ustadz Syukron. 

Selain kegiatan rutin tersebut, asrama Nurus Shobah juga mengembangkan kajian kitab meski kitab yang dikaji hanya kitab bagi santri pemula. Kitab Akhlakul Lil Banin menjadi pilihan tepat yang dikaji di asrama ini. Kitab tersbut memang mengajarkan materi Akhlak dasar. “Oh, kajian kitab disini belum di ikutkan ke pusat, Asrama memang mengadakan kegiatan sendiri, soalnya materinya masih matri dasar. Gak mungkin lah santri sekelas anak MI ini ikut mngaji kitab kuning, ya hanya kitab-kitab dasar saja.” Paparnya. 


Asrama ini juga mengenalkan berbagai tradisi pesantren seperti Yasinan, Tahlilan, Burdaan. dan pembacaan Maulid Diba’i. Kegiatan tersebut biasanya dilaksanakan perminggu dimalam jum’at. “Setiap malem jum’at itu ada kegiatan pembacaan maulid diba’i selepas pembacaan yasin dan tahlil di Astah pendiri Pondok Pesantren Nurul Jadid, KH. Zaini Mun’im. Ziarah Maqbaroh ini memang menjadi nilai plus yang diajarkan dan kebiasaan yang ditanamkan pada para santri disini” cerita Ustadz Syukron. “itu setiap malam selasa juga sehabis sholat maghrib ada kegiatan praktik ibadah” lanjutnya. 

Pola hidup mandiri memang berhasil diterapkan diasrama ini, mulai dari kegiatan, kebersiahan, mandi, makan, dan lain sebagainya. Selain dari foktor didikan sang ustadz, hal itu juga disebabkan keuletan dan kesiapan santri untuk membiasakan diri dengan segudang kegiatan dimasa-masa bermain mereka. Namun meski begitu mereka juga menyempatkan diri bermain dan mengisi kekosongan kegiatan dengan bercandagurau.

1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Powered by Blogger.