Sebagai Wujud Sumbangsih Untuk Masyarakat, Himata Adakan Bhakti Sosial di Desa Kalitengah, Tanggul, Jember

Himata adakan bhakti sosial di dusun Manggisan, Desa kalitengah, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember


(22/12/19) Pada tanggal 20-22 Desember yang lalu, Himpunana Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Jember, atau lebih familiar disebut Himata melaksanakan acara bhakti social dan beberapa program swadaya masyarakat lain di dusun Manggisan, Desa Kali Tengah, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember 

Pemilihan dusun Manggisan sebagai tempat pelaksanaan acaa bhakti social dilatarbelakangi kondisi social masyarakat didaerah tersebut yang bisa dibilang masih berada dibawah standart dibandingkan dengan desa lain yang ada dalam wilayah kabupaten Jember 

Selain itu, akses menuju lokasi desa Manggisan yang cukup sulit juga menyebabkan dusun Manggisan jarang dipilih menjadi tempat pelaksanaan kegiatan oleh organisasi kemahasiswaan di daerah Jember. Namun kami menyadari bahwa masyarakat dusun Manggisan sangat butuh bantuan dan swadaya dari organisasi semacam Himata 

Hal ini dibutkikan dengan antusiasme masyarakat sejak kedatangan Himata sampai penutupan acara. Banyak masyarakat yang juga turut andil memberikan bantuan demi lancarnya acara bhakti social ini. 

Selain Himata, turut pula bekerjasama Dengan Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia (Himabin) Universitas Muhammadiyah Jember. Selain datang memberikan swadaya dan bantuan, Himata bersama Himabin melaksanakan sekokah pemberdayaan serta memberikan motivasi bagi pemuda dan anak-anak yang ada di dusun Manggisan. 

Dilakukannya sekolah pemberdayaan ini berlatar belakang kondisi pendidikan masyarakat yang rata-rata hanya lulusan sekolah menengah pertama. Selain itu banyak pemuda di dusun Manggisan yang pendidikannya hanya sebatas bangku SLTP saja. 

Kami cukup menyadari bahwa pendidikan merupakan hal yang cukup penting dewasa ini. Selain itu, dengan semakin tingginya bangku pendidikan yang sudah ditempuh, hal ini semakin mempermudah seseorang memperoleh pekerjaan. 

Di dusun Manggisan, kebanyakan pemudanya memilih untuk membantu orang tua dengan turut bekerja selepas SLTP. Ada pula yang memutuskan untuk menikah muda, dan akhirnya juga turut bekerja. Tentu bukan hal yang mudah untuk mencari pekerjaan bagi seorang yang memiliki latar belakang lulusan SLTP. 

Hal tersebut dilatarbelakangi factor ekonomi masyarakat yang bisa dibilang masih belum memadai. Kebanyakan keluarga di dusun menggisan bekerja sebagai pekerja di pabrik yang berada di dekat dusun terebut. Dari bekerja sebagai buruh pabrik tersebutlah mayoritas wara dusun Manggisan menggantungkan kehidupan sehari-hari mereka. 

Dari fenomena tersebut kami pun memberdayakan serta memberikan motivasi kepada pemuda dan anak-anak yang ada di dusun Manggisan akan pentingnya pendidikan untuk masa depan mereka. Selian motivasi, kami juga turut memberikan beberapa sharing class seperti berhitung, dan materi pelajaran dasar lainnya. Tidak lepas dari itu, juga diadakan beberapa ice breaking untuk mempererat hubungan dan mengenal lebih jauh anak-anak di dusun Manggisan. 

Kami juga mengadakan penyuluhan bahwasanya pendidikan itu tidak terbatas. Setiap orang berhak mendapat pendidikan yang layak dan setara. Kami pun mengedukasi bahwa sekarang banyak sekali program beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh para pemuda untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi meski tidak memiliki dana dan ekonomi yang memadai. 

Himata adakan bhakti sosial di dusun Manggisan, Desa kalitengah, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember
Pemberian apresiasi atas prestasi dan antusiasme warga desa Kalitengah
Selain mengadakan 2 kegiatan di atas, kami juga turut bekerjasama dengan Assyifa yang berasal dari Himpunana Mahasiswa Program Kesehatan untuk turut serta dalam kegiatan Bhakti social di dusun Manggisan dengan mengadakan pemeriksaan kesehatan serta pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar. 

Di ujung kegiatan, kami lantas membangun sebuah WC umum untuk masyarakat. Hal ini dilaksanakan atas dasar kondisi dusun yang hanya memiliki 2 buah WC umum yang sudah tidak mampu menopang pemakaian warga dusun Manggisan yang sudah bertambah banyak. 

Himata adakan bhakti sosial di dusun Manggisan, Desa kalitengah, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember
Pengadaan WC umum di dusun Manggisan, desa Kalitengah, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember
Dengan pengadaan WC umum ini, serta beberapa kegiatan lain yang sudah terlaksana, Himata beserta dengan organisasi lain yang turut serta mensukseskan acara bhakti social ini berharap dapat memberi dampak banyak dan sedikit banyak merubah paradigm masyarakat yang masih terbelakang.(Ilmi/err)
___
Foto dokumentasi oleh : Ilmi (Himata Unmuh Jember)

No comments

Powered by Blogger.