Jhon Lennon - Bapak Perbucinan Pada Masanya


Jhon lenon, seorang musisi legendaris yang dikenal berkat sepak terjangnya bersama group musik yang juga legendaris asal Inggris.  The beattles. Selain dikenal sebagai musisi, Jhon juga dikenal karena pemikirannya yang gemilang. Banyak sekali kutipan-kutipan legendaris dari Jhon Lennon yang diabadikan dalam bentuk karya. 

Namun sebelum kita bahas lebih lanjut, mungkin lebih baik kita kenali dulu siapa sih Jhon Lennon itu? yuk kita simak biografi singkatnya yang kami dapat dari kompas dot com ya!

Siapa itu Jhon Lennon?

John Winston Lennon lahir pada 9 Oktober 1940 di Liverpool, Inggris. Ayahnya, Alfred Lennon adalah seorang pelaut berdarah Irlandia, yang karena pekerjaannya dia tidak bisa mendampingi Julia, istrinya, saat melahirkan anak mereka.

Masa kecil Lennon juga tidak terlalu bahagia karena hubungan kedua orangtuanya yang renggang. Sang ayah juga jarang bersamanya karena sering melaut. Hingga pada Februari 1944, sang ayah pergi tanpa kabar dan baru kembali enam bulan kemudian hanya untuk mengetahui jika istrinya, Julia telah hamil dengan pria lain. Saat masih berusia empat tahun, Lennon dipaksa untuk memilih di antara ayah dan ibunya yang telah berpisah.

Lennon kecil akhirnya memilih untuk bersama ibunya, namun pada kenyataannya lebih sering tinggal bersama bibinya, yang dipanggil Aunt Mimi. Meski demikian Julia masih secara rutin berkunjung ke kediaman Mimi di Mendips. Barulah saat berusia 11 tahun, Lennon sesekali mengunjungi ibunya di Liverpool. 

Lennon mulai berkenalan dan akrab dengan musik dari sang ibu yang kerap memutar lagu-lagu Elvis Presley. Dari ibunya juga Lennon belajar memainkan alat musik, yang saat itu adalah sebuah banjo. Semasa sekolah dasar, Lennon bersekolah di Dovedale Primary School di Liverpool dan melanjutkan ke Quarry Bank High School di kota yang sama pada 1952 hingga 1957.

Saat duduk di bangku sekolah, Lennon dikenal sebagai anak yang santai dan lebih sering bercanda. Di usia 16 tahun, Lennon mendapatkan gitar pertamanya yang dibelikan ibunya. Berbeda dengan ibunya yang mendukung impian Lennon untuk menjadi seorang musisi, bibinya lebih skeptis dan selalu mengatakan bahwa menjadi musisi tidak akan bisa menghasilkan uang. Pada 1958, ibunda Lennon meninggal dunia setelah tertabrak mobil ketika sedang berjalan pulang. (Sumber : internasional.kompas.com)

Kutipan Terkenal Jhon Lennon

Salah satu dari sekian banyak kalimatnya yang dikenal,  adalah All U need is love serta Don't Hate What You Don't Understand yang ditulis dalam sebuah papan yang ia pegang bersama dengan Istrinya. Nah, mari kita pahami satu persatu 

"All you need is love! "

Jika pada masa lalu,  istilah bucin sudah muncul! Maka jhon lennon sangat pantas didebut sebagai bapak perbucinan duniawi. Ya! All you need is love, apa yang kamu butuhkan itu cuma cinta. Sangat bucin sekali bukan.


All you need is love ini maknanya cukup dalam. Artinya bagaikan kita mengerjakan sebuah perkejaan, lakukanlah dengan penuh rasa cinta agar dapat kita kerjakan dengan tulus dan tanpa hambatan.

Mengerjakan sebuah pekerjaan dengan penuh cinta membuat pekerjaan menjadi mudah. Pekerjaan yang awalnya berat lantas jadi ringan. Semua itu karena cinta. Cinta punya keajaibannya sendiri. Sebuah hal yang kadang dan sampai sekarang tetap tidak bisa dipetakan dalam otak dan nalar akal. Romeo Juliet, Laila Majnun, dan cerita cinta heroik lain adalah bukti nyata betapa cinta adalah sebuah hal yang sangat luar biasa efeknya.

Sederhananya, cinta punya kekuatan ajaib tak terlihat yang bisa mengubah sesuatu. Menguatkan yang lemah, meneguhkan yang lembek, dan beragam keajaiban lain yang bisa tercipta. Cinta adalah sebuah keajaiban.

Salah satu kutipan leendari lainnya dari Jhon Lennon adalah Don't Hate What You Don't Understand. Sebuah pamflet fenomenal yang dia pamerkan berdua dengan istrinya Yoko Ono. Sebuah pamflet dengan tulisan sederhana yang artinya cukup dalam


Setiap manusia seharusnya tidak sekedar memandang sebuah permasalahan dari 1 sisi saja. Namun memandang sebuah fenomena secara utuh dan keseluruhan. Jangan pernah membenci apa yang tidak kamu pahami. Karena kamu akan pernah tau apa dampak yang akan disebabkan oleh kesok tauanmu dengan bertindak dan membenci sebelum tau suatu hal secara utuh.

Dari sini hal ini cukup related kepada peribahasa diam itu emas. Benar, dalam masa dimana kita tidak paham dan tidak tau. Hal yang paling baik dan bijak untuk dilakukan adalah diam. Diam dan mengumpulkan kepingan pemahana terhadap suatu hal dan membingkainya secara utuh kemudian.

Itu dia 2 kutipa legendaris yang kita bahas kali ini. Kalian punya kutipan lain yang kalian favoritkan? atau 2 kalimat tersebut juga merupakan kalimat favorit kalian? yuk sharing di kolom komentar

___
Rahman : Penulis lepas yang seharinya bergumul di gubuk mayanya  www.rahmankamal.com, selain menulis kesibukannya adalah ngebucin setiap hari
___
Sumber Gambar :
www.biography.com
https://natholife.wordpress.com/
https://www.peaceproject.com/

2 comments:

  1. Wah kak, jujur ini pertama kalinya lho buat aku baca biografinya Jonh Lennon. Sedih pas baca masa kecilnya. Tapi aku amati, kebanyakan orang memang nggak banyak yang punya masa kecil yang bahagia ya. Akhirnya banyak lahir orang-orang dewasa yang tidak bahagia pula. Semoga john lennon termasuk orang yang bahagia ketika ia hidup ya. Karena dia sosok inspirasi banyak orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita semua bisa jadi orang yang menginspirasi orang lain ya kak :)

      Delete

Powered by Blogger.