Marketplace, Instagram, dan Eksistensi Domain Untuk Tujuan Bisnis

Domain untuk web penting gak sih?


Kadang banyak orang yang bertanya penting gak sih punya web berdomain di era dimana toko online dapat dengan mudah kita buat hanya dengan instagram. Selain itu semakin berkembanganya marketplace yang juga ikut memberikan banyak kemudahan, apakah memiliki sebuah domain sendiri untuk bisnis masih menjadi sebuah hal yang urgen?

Banyak yang bilang kalau akun instagram dengan follower yang banyak serta  bejibun testimoni sudah cukup untuk meyakinkan konsumen untuk memilih produk atau jasa dari kita. Tapi mungkin kita masih sedikit manyadari bahwa web domain sendiri masih memiliki kekuatan dibandingkan sebatas akun instagram atau akun di marketplace online.

Ada beberapa hal yang membuat domain khusus untuk sebuah bisnis memberikan nilai lebih terhadap sebuah bisnis di mata konsumen. Berikut beberapa penjelasan yang saya akan paparkan sesingkat mungkin agar dapat mudah dipahami.

Diferensiasi

Sebenarnya saya memikirkan hal yang lebih rumit untuk jadi sub judul pembahasan pertama, tapi saya rasa diferensiasi adalah pilihan yang tepat untuk mengumpulkan ide-ide tersebut. Dengan memiliki domain khusus untuk bisnis kita, hal tersebut akan menjadi pembeda. Berbeda dari hal apa?

Pertama, kita tidak perlu aplikasi tambahan untuk menunjukkan produk atau jasa kita. Kita tidak perlu akses terhadap aplikasi pihak ketiga atau marketplace online guna menyediakan display. Kita punya kebebasan untuk menampilkan apa yang akan kita berikan pada konsumen, baik itu produk maupun jasa semau kita. iya, semau jidat kita gaes! 😂

Hal ini tentu menjadi pembeda yang membuat kita dapat bereksperimen sekreatif mungkin dalam memasarkan dan mengenalkan produk kita. Tidak perlu kita bingung dengan kebijakan yang mengikat, karena dengan domain khusus yang kita miliki, kita dapat menampilkan semuanya dengan cara yang kita mau. Karena bungkusan produk kita nanti juga sangat berpengaruh terhadap minat konsumen terhadap produk yang kita pasarkan.

Trustability, transparancy, dan profesionality

Sederhananya bisa disebut dengan kepercayaan. Seiring dengan makin mudahnya informasi diakses oleh masyarakat dan makin berkembangnya jaringan internet, tentu masyarakat makin mudah pula mengakses informasi. Disini pula muncul berbagai tren penipuan yang dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab menggunakan kemajuan teknologi ini.

Dengan memiliki sebuah domain, pelaku bisnis memiliki sebuah peyakin, atau bisa dibilang sebuah hal yang menjamin layanan atau produk yang dipasarkan. Selain itu, dengan domain khusus, interaksi serta komunikasi dengan konsumen dapat dengan mudah dilakukan dengan adanya domain khusus tersebut.

Hal lain yang menjadi nilai lebih sebuah domain khusus, adalah keberadaannya yang dapat menjadi pengganti toko fisik bagi pelaku bisnis yang masih belum bisa membangun toko fisik karena beberapa  kendala  tapi tetap ingin memperkenalkan produk dan layanan mereka.

Selanjutnya, dengan adanya domain khusus ini, hal tersebut dapat membuat bisnis kita menjadi lebih transparan dan membuat calon konsumen yakin untuk memilih produk atau jasa kita. Meski tidak dapat bersua muka secara langsung karena transaksi dilakukan secara online, tapi adanya domain khusus ini menjadi sebuah hal yang meyakinkan konsumen jika produk dan jasa yang kita berikan adalah jasa sungguhan bukan tipu-tipu atau kaleng-kaleng 😎.

Hal terakhir dalam poin kedua ini adalah profesionalitas. Dengan adanya domain khusus untuk bisnis ini, hal tersebut menunjukkan profesionalitas dan kesungguhan dari pelaku bisnis dalam mengembangkan usaha yang mereka rintis. Nah, jika dibahas lebih jauh lagi, hal ini akan kembali mengena kepada beberapa poin yang kita bahas di paragraf sebelumnya.

Nah, dari pembahasan diatas tentu kita sudah mendapat beberapa hal yang masih menjadikan kebaradaan domain dalam bisnis adalah sebuah hal yang penting. Terlepas dari perkembangan teknologi serta marketplace yang semakin berkembang dewasa ini. tapi web domain khusus masih tetap memiliki kekuatannya tersendiri yang dalam jangka agak panjang masih akan tetap bertahan.

Jadi berminat untuk memiliki domain khusus untuk bisnis kalian? Jika iya, tenang. Domain itu harganya gak mahal kok, kalian bisa membeli jasa domain murah dari rumahweb untuk bisnis yang sedang kalian rintis, perlahan kalian bisa melakukan upgrade dan memberikan hal-hal baru di kemudian hari. Keep creative dan jujur ya!

2 comments:

  1. Kalau saya masih setia sama yg gratisan mas, yg penting bisa buat belajar nulis dan menampung ide2 saya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting proses kreatifnya lanjut dan gak berhenti mas.

      Delete

Powered by Blogger.