Artificial Intelligent VS Machine Learning VS Deep Learning : Perubahan di Era 4.0


Penjelasan tentang AI, MAchine LEarning, dan Deep Learning


GubukInspirasi – Dewasa ini, perkembangan di dalam dunia teknologi semakin memanas. Para ilmuan pakar teknologi saling berlomba untuk menciptakan teknologi terbaru, diantaranya adalah Artificial Intelligence, Machine Learnig, dan Deep Learning.Disini gubuk inspirasi akan membahas satu per satu tentang Artificial Intelligence, Machine Learning, dan Deep Learning serta apasih yang membedakan 3 teknologi tersebut ? Let’s read.


Artificial Intelligence

AI (Artificial Intelligence) adalah kecerdasan buatan, sistem kecerdasan buatan ini ditambahkan pada suatu sistem yang dapat diatur. Maksudnya, disini dapat diatur dalam konteks ilmiah atau AI didefinisikan sebagai kecerdasan ilmiah. Sistem seperti ini pada umumnya menggunakan komputer.Yang dimaksud dengan sistem kecerdasan buatan atau AI adalah cara untuk menjadikan suatu komputer bekerja secara cerdas yang melampaui manusia. Tujuan AI adalah supaya komputer dapat berkemampuan, berperilaku dan mengambil suatu keputusan dari suatu persoalan seperti manusia.

AI terbagi menjadi 2 macam yaitu AI dengan kemampuan khusus yang disebut AI lemah dimana AI ini diciptakan untuk membantu tugas manusia yang sederhana seperti Cortana yang akan membantu memberitahu kondisi cuaca di daerah tertentu. Sedangkan AI dengan kemampuan tak terbatas disebut dengan AI kuat dimana AI ini diciptakan dengan kemampuan yang sangat luar biasa dimana AI ini dapat melakukan kegiatan manusia dengan tingkat kerumitan yang sangat tinggi. Contoh dari AI ini adalah Samanta dimana AI ini dapat memodifikasi sebuah basis kode dengan sendirinya tanpa bantuan manusia, seperti mengendarai mobil dengan kendali otomatis.

Machine Learning

Marchine Learning adalah teknik AI yang berkaitan dengan pembelajaran data. Data atau konsep dengan teknik AI ini berfungsi untuk memprediksi informasi yang ada di dunia. Machine Learning dirancang dengan menggunakan algoritma. Algoritma disini yang dimaksud adalah decision tree learning dan association rule learning. Rangkaian intruksi ini biasanya akan diprogram untuk menyelesaikan suatu masalah.

Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah dalam pemrograman komputer. Namun, algoritma Marchine Learning ini yang digunakan di dunia adalah jaringan syaraf buatan. Teknik ini bekerja seperti neuron pada otak manusia.

Otak buatan ini mempelajari banyak hal mengidentifikasi berbagai masalah layaknya otak pada manusia. Misalnya sebuah meja dalam sebuah foto. Dengan merekam bentuk meja dan seiring berjalannya waktu, ia dapat mengidentifikasi meja tersebut. Hal ini akan meningkatkan kemampuannya dalam mengidentifikasi benda tersebut.

Deep Learning

Deep Learning adalah rangkaian metode untuk bisa melatih jaringan saraf buatan multi lapisan atau mempunyai banyak lapisan. Metode ini sangat efektif dan lebih mudah dalam mengidentifikasi pola dari data yang dimasukkan.Deep Learning merupakan bagian dari AI yang telah di kembangkan selama ini. Dalam kehidupan sehari – hari, Deep Learning telah digunakan dalam perangkat lunak teknologi dan juga diberbagai bidang industry.

Salah satu contoh dari penggunaan Deep Learning adalah Facebook. Selain itu, pada asisten Virtual Reality juga menggunakan system Deep Learning dalam membantu berbagai tugas seperti memesan dan meneliti. Tidak hanya Facebook, Google juga menggunakanDeep Learning dalam mengoperasikan sistemnya.

Penggambaran AI VS Machine Learning VS deep Learning

Deep learning menjadi otak utama yang dapat menciptakan AI yang lebih cerdas dan manusiawi. Contohnya seperti otak Google yang bisa memindai gambar memerlukan 16 ribu prosessor untuk menjalankannya. Saat ini sudah tidak asing lagi jaringan saraf berjalan pada computer atau smartphone. bahkan ada smartphone yang pintar dan murah telah beredar di masyarakat untuk membantu kebutuhan manusia.

Dalam pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa AI adalah teknologi yang paling dasar. Sedangkan Machine Learning adalah sebuah neuron dalam otak yang dapat mengendalikan perintah di dalam komputer. Dan Deep Learning adalah kemampuan sebuah sistem yang telah di rancang sebaik mungkin untuk mengendalikan dan meningkatkan kerja pada komputer.

_________
Sumber referensi:

https://www.facebook.com/initialboard/. (n.d.). Perbedaan Al, Marchine Learning, Dan Deep Learning. INITIALBOARD.Retrieved August 29, 2019, from https://www.initialboard.com/perbedaan-al-marchine-learning-dan-deep-learning]

Sumber gambar :
http://houseofbots.com/news-detail/2754-1-a-take-on-deep-learning
_________

Tentang Penulis : Muthia Kartika, seorang mahasiswi tingkat 3 yang bergelut dibidang sistem informasi

2 comments:

  1. Contoh sederhananya mesin pindai wajah yah atau teknologi kamera foto yang bisa membedakan pose senyum or gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget tuh mas, itu adalah salah satu contoh pengaplikasian Artificial Intelligence dalam bentuk aplikasi :)

      Delete

Powered by Blogger.