Tau Gak Sih? Alasan Menara Miring Pisa Tidak Roboh?



Kalian pasti tau dengan menara piring Pisa. Menara ikonik yang terletak di Italia serta menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Tapi kalian aneh gak? menara yang didapuk punya kemiringan sekitar 3,99 derajat ini bisa berdiri dengan kokoh dan tidak rubuh dilanda gempa? penasaran kan! eitss, tapi sebelum itu kita kenali dulu menara Pisa itu terlebih dahulu

Sejarah Singkat Menara Pisa

Menara yang dibangun pada 1173 ini memiliki total 8 lantai dengan tinggi 55, 86 m dari permukaan tanah di sisi terendah dan 56,70 m dari sisi tertinggi. Lebar menara ini sekitar 4,09 m dengan lebar puncak 2,48 meter. Berat menara ini diperkirakan 14,500 ton dan memiliki 294 anak tangga. Selain itu kemiringan dari menara ini dihitung sebesar 3,99 derajat lo

Lalu apakah menara ini memang sejak awal dibangun dengan kondisi miring tersebut atau terjadi beberapa hal yang melatar belakanginya?

Ternyata kemiringan itu terjadi pada tahun 1178. Pada saat itu pembangunan menara ini sudah mendapai tahap ketiga. Lantas pondasi dari bangunan ini amblas sedalam 3 meter yang kemudian menyebabkan kemiringan tersebut.

Kontruksi tersebut lantas tidak langsung dilanjutkan karena sempat terhenti hampir selama satu abad karena perang yang terjadi. Nah, dalam masa tersebutlah struktur tanah di bawah menara ini kembali stabil. Dan akhirnya pada tahun 1198 menara yang belum selesai ini dipasangi jam oleh penduduk sekitar.

Meski memiliki kemiringan yang bisa dibilang cukup mencolok, tapi menara ini mampu bertahan dan tetap kokoh berdiri. Terhitung sudah 4 kali gempa terjadi di daerah Pisa sejak tahun 1280 lo. Keren kan! lalu apasih penyebabnya?

Dalam artikel dikutip dari theleaningpisatower.com menyebutkan bahwa menara miring Pisa tidak jatuh karena pusat gravitasinya telah terjaga secara dinamis. Disebutkan, massa suatu benda tak mempengaruhi kecepatan jatuhnya benda ke tanah.

Hal tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Galileo Galilei di sekitar tahun 1600. Saat itu, Galileo Galilei melakukan eksperimen gravitasi dengan melemparkan benda-benda di sisi miring Menara Pisa. Dia berhasil menunjukkan bahwa massa suatu benda tidak memiliki pengaruh pada kecepatan benda saat jatuh ke tanah

Hampir sama dengan Galileo Galilei, dilansir dari thesun.co.uk, sekelompok peneliti berjumlah 18 insinyur mengklaim bahwa fenomena yang terjadi di Menara Pisa disebut ‘interaksi tanah dengan struktur dinamis’. Jadi menurut mereka, pada dasarnya tanah di sekitar menara menyerap getaran. Tanah yang ada di fondasi menara adalah tanah lembek. Sehingga, hal tersebut mencegah getaran gempa.

Nah itu dia alasan kenapa menara Pisa yang miring itu gak roboh-roboh! 

Terus ikuti bloh kami untuk tulisan inofatif dan edukatif lainnya ya! :) salam hangat dari mimin :)

________
Sumber tulisan 
thesun.co.uk
theleaningpisatower.com

Sumber gambar
Photo by Heidi Kaden on Unsplash

2 comments:

  1. Bukannya pemerintah setempat pny antisipasi agar menara gak makin miring gitu yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdasar dari artikel yang mimin baca nih ya! struktur tanah yang sudah kembali stabil berperan banyak membuat kemiringan menara pisa tidak bertambah serta tetap kokoh berdiri hingga sekarang

      Delete

Powered by Blogger.