Jadi Blogger Itu (Gak) Susah



Pernah gak kalian denger temen kalian bilang kalau pekerjannya itu full-time blogger. Familiar atau malah asing? sebenarnya blogger sudah bisa dibilang sebagai profesi juga lo. Jika kegiatan blogging tersebut kita seriusin dan tekunin, maka akan banyak hal yang bisa kita dapatkan.

Walau gak selalu berbentuk uang, tapi ada banyak hal lain yang bisa kita dapatkan. Teman baru, jejaring sosial, nama baik, dan tentunya ilmu dari tulisan-tulisan blogger lain yang menjadi inspirasi bagi kita secara tidak langsung.

Jika kita fokuskan pembahsan kali ini tentang pendapatan, bekerja sebagai blooger memungkinkan kita mendapatkan penghasilan yang tak terbatas. Serius, aku benar-benar seius dengan ucapanku ini! berikut beberapa sumber pendapatan seorang blogger

1. Blog Placement

Blog placement adalah artikel tulisan yang di posting oleh seorang blogger dengan bayaran tertentu oleh pihak yang ingin diiklankan.Setiap blogger memiliki tarif yang berbeda-beda untuk fee tiap postingannya. Beberapa hal yang menjadi  tolak ukur adalah kualitas tulisan, popularitas blog serta traffic dari blog tersebut.

2. Jual Backlink

Untuk yang satu ini mirip dengan poin pertama. Jadi gak beda tipis gitu.Masih bingung? coba cek tulisan ini

3. Kerjasama dengan Brand Tertentu

Banyak blogger yang menjalin kerjasama dengan brand-brand ternama. Bentuk kerjasama mereka pun bermacam-macam. Tentu untuk menjalin kerjasama dengan brand tertentu kita harus memiliki tulisan yang baik serta aspek pendukung yang lainnya.

Sederhananya, kiota tuh jadi ambassador sebuah produk gitu. Tentunya, kita bisa mendapatkan produk secra gratsi dan berbagai hal lain sesuai kesepakatan yang telah ditentukan sebelumnya oleh blogger itu sendiri serta pihak ketiga tersebut.

Terus  gimana cara kita bisa dapetin hal tersebut di atas?

Sebelum lkalian banyak mengeluh dalam kepala kalian. Ambillah nafas perlahan dan baca tulisan selanjutnya dengan seksama. 

Hal yang kita perlukan hanya konsistensi dan kemauan. Iya! konsiten menulis, serta kemauan untuk terus berkembang. Otak kita adalah benda paling hebat di dunia, ia tidak bisa rusak malah terus berkembang. Semakin banyak kita berpikir, semakin banyak inspirasi yang muncul. Dunia kreatif itu gak ada matinya.

Jadi, mulailah menulis. mulailah berkembang, jangan hanya diam di tempat. Hidup ini terlalu berharga untuk dihabiskan dengan tiduran di atas kasur saja!

Jadi blogger itu gak susah bro sist :P

____



Tentang Kontributor

Rahman Kamal bisa dipanggil Er. Seorang mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Universitas Nurul Jadid. Seorang freelance blogger yang juga pecinta fotografi. Setiap harinya bergumul di gubuk mayanya www.rahmankamal.com



6 comments:

  1. konsistensi itu yang mahal hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nhah, bener banget itu mas :) apalagi mimin waktu ngoordinir para kontributor untuk bikin tulisan, susahbanget bukan main :)

      Delete
  2. Replies
    1. nah, bener banget tuh om :) berkarya itugak ada harganya, jadinya mahal :D

      Delete
  3. Kalo blog yang domain nya masih blogspot mau gak sih brand-brand itu bekerja sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengalaman mimin sih, untuk tahun 2017 an kebawah, banyak kok brand yang mau untuk bekerja sama dengan blogger walau masih belum TLD. Tapi semenjak 2018 trend itu sepertinya mulai hilang, para advertiser dan publisher lebih melirik blog-blog yang sudah TLD.

      karena blog ini mimin fokusin buat share oang, meski ada niatan untuk di TLD in juga masih belum nemu pencerahan :D

      Delete

Powered by Blogger.