Ponpes Al-Mawardi : Oase Penerang Bumi Palengaan Pamekasan




Pernah gak kalian pergi ke pulau Madura? Iya, pulau yang terletak di sebelah utara pulau jawa dan berada di antara Pulau Jawa dan Kalimantan. Selain dikenal sebagai pulau garam, Madura juga dikenal dengan banyaknya pondok pesantren serta ulama besar yang lahir dan besar di tanah ini.

Beberapa saat yang lalu, salah satu Admin Gubuk Inspirasi  berkesempatan mengunjungi pulau Madura. Dalam kunjungan ini, admin juga sekaligus menjadi tamu dalam acara pentas akbar dan wisuda yayasan Pondok Pesantren Al-Mawardi, Palengaan, Pamekasan.

Walau harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, sekitar 8 jam dari Probolinggo menuju Madura.  Setibanya di tempat acara admin pun langsung disuguhi penampilan kemampua dan talenta santriwan dan santriwati.

Banyak sekali penampilan menarik yang ditmpilkan. Mulai dari pidato, cerita, puisi, dan itu dibawakan dengan 2 bahasa, Arab dan Inggris. Tentu mimin terkejut dengan penampilan yang cukup mengesankan itu. Lelah perjalanan seketika hilang menyaksikan penampilan dari para santri dan santriwati Ponpes Al-Mawardi.

Selama 3 hari mimin bercampur dan berinteraksi dengan para santri serta santriwati di pondok ini. mimin salut dengan sistem pendidikan di tempat ini karena dengan 2 bahasa asing yang diajarkan, santri dan santriwati dapat memanfaatkannya untuk mencari pekerjaan atau melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan lebih mudah.

Nah, dalam tulisan ini! mimin bakal sharing beberapa tips yang diminta oleh ponpes Al-Mawardi terkait dengan pengembangan kemampuan lebih lanjut.

Menumbuhkan Semangat Membaca

Mungkin hal pertama yang bisa dibangun adalah semangat membaca para peserta didik. Buatlah sebuah ruangan atau minimal pojok untuk membaca. Beri mereka waktu barang 30 menit untuk membaca, biasakan dan buat mereka suka membaca.

Dari membaca mereka akan mengenal dunia luar, menemukan hal baru melalui tulisan, dan tentu tetap dikontrol agar tidak kelewat batas.

Beri Kesempatan Naik Pentas

Berilah peserta didik space atau ruang untuk naik pentas. Buat mereka tidak demam panggung, atau minimal buat mereka sering bercakap-cakap sering berdiskusi dan terus belajar.

Buatlah semacam kegiatan mingguan untuk mengasah bakat, dan mungkin bisa diikuti dengan pemberian hadiah atau reward bagi mereka yang berprestasi. Tentu hal ini dapat menggugah semangat peserta didik untuk terus belajar dan menggali kemampuan berbahasa asing mereka.
___
Overall, menurut mimin, ponpes Al-Mawardi sudah menempuh progress yang cukup baik dan tentu butuh perbaikan dan inovasii secara kontinu untuk mampu dan tetap dapat bersaing ditengah gempuran gaya hidup serta kemajuan teknologi yang semakin pasif.

Jaya terus ponpes Al-Mawardi, jadilah oase penerang bagi masyarakat Palengaan, Pamekasan, Madura.

No comments

Powered by Blogger.