TIPS! Tetap Termotivasi Saat Belajar Pemograman


Gubuk Inspirasi - Belajar Pemograman bukanlah perkara yang mudah. Memulainya memang mudah, namun untuk terus bertahan sampai bisa merupakan hal  yang tidak mudah. Tidak sedikit orang yang menyerah dan memutuskan untuk berhenti di tengah jalan. Dan pada kali ini mimin mau membagikan tips-tips ringkas untuk tetap termotivasi saat belajar pemograman:

Buatlah Sebuah Alasan Spesifik Mengapa Kita Belajar Pemrograman

Buatlah sebuah alasan kuat yang lebih spesifik mengapa kita belajar pemrograman. Misalnya, belajar pemrograman agar nantinya bisa bekerja di startup unicorn macam Gojek, Traveloka, Tokopedia, atau Bukalapak. Bisa juga belajar pemrograman agar nanti bisa merilis aplikasi X untuk membantu masyarakat tidak mampu untuk belajar. Dengan adanya alasan yang lebih spesifik kita bisa lebih fokus dan memiliki dorongan lebih untuk mencapainya.

Ikuti Komunitas Programmer

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Maka, saat belajar pemrograman janganlah lakukan sendirian. Cari orang lain yang juga sedang belajar agar bisa saling berbagi suka duka saat menemukan kesulitan. Akan lebih baik lagi jika bisa menemukan seorang mentor yang bisa membantu menyelesaikan kesulitan tersebut. Cara terbaik untuk mencari orang-orang tadi ialah melalui komunitas programmer.

Bagi Pengalamanmu

Kita tidak perlu menunggu jadi orang paling sempurna untuk mengajak orang lain melakukan kebaikan. Kita juga tidak perlu menunggu untuk menjadi seorang programmer expert untuk membagikan pengalaman belajar pemrograman ke orang lain. Pengalaman yang kita dapatkan dapat kita bagikan lewat jurnal/blog maupun lewat mengajarkannya secara langsung.

Mulai Dari Sesuatu yang Kecil

Saat memulai belajar pemrograman, kita mungkin memiliki tujuan akhir untuk membuat sebuah aplikasi yang besar. Memiliki tujuan yang besar (dan spesifik) sangat baik dalam memberikan motivasi dalam belajar. Tapi, kita tidak bisa makan satu piring dalam sekali lahap. Harus sendok per sendok. Begitu pula dalam menyelesaikan suatu program.


Jika pembaca saat ini sedang belajar pemrograman, lanjutkanlah. Teruslah belajar. Nanti, kesulitan yang pembaca hadapi pasti akan berbuah manis. Tetap Semangat teman-teman, Keep training :)

Sumber: Code Politan

No comments

Powered by Blogger.