Menulis Tapi... Tidak ada Tapi, Ini Solusinya !




HALO GAESS. SEMANGAT PAGI!!!

Mumpung masih pagi dan otak kita masi fresh, kali pagi ini admin bakal berbagi ilmu yang admin dapat dari hasil seminar online. Jadi gaess ilmu itu gak melulu didapat dari sekolah atau kampus, so everywhere we can get knowledge dan sekarang sahabat readers harus wajib baca ya :v supaya tambah pinter:D

Oke langsung aja materi yang akan dibahas di sini adalah apasih Writer’s Block itu?? Terus bagaimana cara mengatasinya???

Writer’s block

adalah keadaan di mana seorang penulis tidak dapat menuangkan segala idenya ke dalam tulisan. Pikiran menjadi buntu, otak terasa kaku, seolah ada yang menghalangi keluarnya gagasan. Tak satu pun kata, apalagi kalimat atau pun paragraf yang mampu dihasilkan oleh sang penulis. Banyak penulis mengalaminya, mulai dari penulis pemula sampai penulis profesional. Bagi penulis pemula, writer’s block dapat menjadi kendala yang membuatnya merasa tidak mempunyai bakat hingga akhirnya berhenti menulis.

 Cara mengatasi Writer's Block

1. Menyegarkan pikiran terlebih dahulu

Lakukan kegiatan menyenangkan seperti berjalan-jalan me!ncari udara segar. Atau pergi ke tempat-tempat yang belum pernah kamu sambangi. Dan kamu juga bisa melakukan aktivitas menyenangkan lainnya.

 2. Mencari tempat menulis yang nyaman

carilah tempat ternyaman dan berbeda dari sebelumnya. Sehingga kamu merasa nyaman saat menulis. Misalnya selama ini kamu melakukan aktivitas menulis di kamar. Sesekali, carilah tempat berbeda seperti di teras rumah yang dipenuhi banyak pepohonan.

 3. Carilah waktu terbaik untuk menulis

Setiap penulis mempunyai waktu terbaiknya untuk menulis. Tentu, waktu itu berbeda antara seorang penulis dengan penulis lainnya. Anda dapat mempelajari kapan Anda merasa lebih lancar menuangkan ide ke dalam tulisan, misalnya, pagi hari, siang hari atau malam hari.

 4. Asahlah kemampuan menulis Anda

Mengasah kemampuan adalah hal yang sangat penting bagi seorang penulis. Menulis bukan sekedar merangkai kata. Menulis adalah seni yang harus didukung dengan teknik yang baik. Pelajari struktur sebuah kalimat efektif, peta/map sebuah paragraf dan jenisnya, kalimat transisi, headline yang menarik, dan lain sebagainya.

 5. Carilah informasi tentang topik yang sedang  Anda tulis

Salah satu sebab mengapa otak terasa “blank” ketika menulis adalah kurangnya informasi tentang topik yang akan ditulis. Informasi itu bisa didapat dengan berbagai cara. Membaca adalah cara utama yang bisa dilakukan. Membaca adalah pekerjaan wajib seorang penulis.
Okke that’s  all.

Semoga cukup bermanfaat untuk sahabat- sahabat yang sering mengalami writer’s block.
SIYUUU DI NEXT ARTIKEL :D 

Salam hangat dari kak Ros... :*

____
Sumber gambar : Pixabay.com


1 comment:

Powered by Blogger.