Mengenal Pengertian dan Konsep OOP / Object Oriented Programming


Gubuk Inpirasi - Semangat pagi kawan-kawanku, mimin kali ini mau share tentang apa itu OOP dan Konsep-konsep dari OOP sendiri. Gas Kuy

Pengertian OOP

OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

Konsep OOP

  • Abstrak Class

1. Kelas merupakan deskripsi abstrak informasi dan tingkah laku dari sekumpulan data.

2. Kelas dapat diilustrasikan sebagai suatu cetak biru(blueprint) atau prototipe yang digunakan untuk      menciptakan objek.

3. Kelas merupakan tipe data bagi objek yang mengenkapsulasi data dan operasi pada data dalam            suatu unit tunggal.

4. Kelas mendefinisikan suatu struktur yang terdiri atas data kelas (data field), prosedur atau fungsi        (method), dan sifat kelas (property).

  • Encapsulation

1. Istilah enkapsulasi sebenarnya adalah kombinasi data dan fungsionalitas dalam sebuah unit                  tunggal  sebagai bentuk untuk menyembunyikan detail informasi.

2. Proses enkapsulasi memudahkan kita untuk menggunakan sebuah objek dari suatu kelas karena          kita tidak perlu mengetahui segala hal secara rinci.

3. Enkapsulasi menekankan pada antarmuka suatu kelas, atau dengan kata lain bagaimana                        menggunakan objek kelas tertentu.

4. Contoh: kelas mobil menyediakan antarmuka fungsi untuk menjalankan mobil tersebut, tanpa kita      perlu tahu komposisi bahan bakar, udara dan kalor yang diperlukan untuk proses tersebut.

  • Inheritance

1. Kita dapat mendefinisikan suatu kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada.

2. Penurunan sifat ini bisa dilakukan secara bertingkattingkat, sehingga semakin ke bawah kelas              tersebut menjadi semakin spesifik.

3. Sub kelas memungkinkan kita untuk melakukan spesifikasi detail dan perilaku khusus dari kelas          supernya.

4. Dengan konsep pewarisan, seorang programmer dapat menggunakan kode yang telah ditulisnya          pada kelas super berulang kali pada kelas-kelas turunannya tanpa harus menulis ulang semua              kodekode itu.

  • Polymorphism

1. Polimorfisme merupakan kemampuan objekobjek yang berbeda kelas namun terkait dalam                  pewarisan untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama.

2. Polimorfisme juga dapat dikatakan kemampuan sebuah objek untuk memutuskan method mana          yang akan diterapkan padanya, tergantung letak objek tersebut pada jenjang pewarisan.

3. Method overriding.

4. Method name overloading.

Sumber: wiki

No comments

Powered by Blogger.