4 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Pemograman

Gubuk Inspirasi - Hi Teman- teman! Mungkin dari kalian sudah mendengar dengan istilah "PEMOGRAMAN", dari kalian yang sudah memasuki dunia IT atau yang sudah belajar IT, sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut. Jadi, Pemograman merupakan kegitan/ proses menulis, menguji dan memperbaiki dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Karena itu, Aktivitas ini sangat identik dengan orang-orang Teknik Informatika.

Akan tetapi, beberapa waktu yang lalu, pemerintah pernah mewacanakan untuk memasukkan Programming kedalam kurikulum pendidikan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. ada banyak manfaat yang di peroleh dari aktivitas yang satu ini. Untuk jelas Gubuk Inspirasi akan menjelaskan, Kenapa kita perlu belajar pemograman?

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Pemograman

1. Mengembangkan cara berfikir Logis




Pemograman sangat erat denga kaitannya dengan logika. Bisa dibilang, kamu tidak akan bisa membuat program komputer tanpa menggunakan logika. Karena itulah, logika pemograman menjadi materi yang harus dikuasai sebelum bisa bembuat program.

Materi logika ini banyak berhubungan dengan matematika, jadi wajar pelajaran matematika, banyak bisa dikatakan cuku sulit, akan tetapi dari situlah logika akan tercipta dalam diri kalian. Namun logika yang dipelajari tak hanya bisa kamu gunakan dalam membuat program saja. kamu juga bisa mengunakanya untuk mengatasi masalah kehidupan sehari-hari.


2. Melatih Ketelitihan



Dalam pemograman, kamu akan dituntut untuk teliti dari hal yang paling sederhana seperti dalam penulisan kode program. Setiap perintah harus ditulis dengan benar. Bahkan untuk beberapa bahasa pemograman, penggunaan huruf besar dan kecil bisa berpengaruh pada program yang dibuat.

Jika salah ketik atau typo, dipastikan program akan error. Akan tetapi, proses menemukan error sendiri juga bisa cukup melelahkan. Kamu akan dituntut teliti dalam mengamati detail. Namu dari situlah kamu bisa belajar untuk lebih teliti. Seperti yang dikatan seorang Investor yakni Robert T. Kiyosaki :


Don't Waste a Good Mistake, Learn From it


3. Meningakatkan Cara Berfikir Sistematis



Menulis kode program harus dilakukan secara berurutan. Jika urutan kode yang ditulis berantakan tidak sesuai dengan prosedur, bisa dipastikan program tidak akan berjalan. Kalaupun berjalan, output dari program tersebut pasti salah.

Dari sini, kamu akan belajar lebih dari sekedar bagaimana menulis kode program sesuai dengan urutannya. Kamu juga akan belajar tentang bagaimana cara berfikir secara sistematis dan terorganisasi. Kemampuan berfikir seperti ini tertentu akan sangat bermanfaat dalam kehidupan


4. Meningkatkan Kemampuan Problem Solving 



Pada dasarnya, pemograman adalah tentang menyelesaikan sesuatu masalah dengan memanfaatkan Teknologi Komputer. Namun, sebelum kamu bisa membuat program yang bisa menyelesaikan masalah, tentunya kamu harus tahu solusi dari permasalahan tersebut terlebih dahulu.

Seorang programan dituntut untuk kritis terhadap masalah dan aktif dalam mencari solusi pemecahannya. Kemampuan seperti ini tak hanya  bermanfaat dalam membuat program saja. Dalam kehidupan sehari hari, kemampuan problem solving juga akan membantumu menemukan solusi atas masalah yang sedang kamu hadapi.

~|~
Nah itulah semua yang membuat kamu harus belajar pemograman. Selain bisa di terapkan di dalam bidang teknologi, keterampilan yang didapatkan ketika belajar pemograman bisa diterapkan juga dalam kehidupan sehari-hari kamu. 

Bagaimana menurut kalian ? Tertarik untuk belajar pemograman ? Ayo!!, share pendapat kalian di kolom komentar dibawah ini ya..

Sumber : JalanTikus


No comments

Powered by Blogger.