Info Beasiswa Luar Negeri 2019 : Brunei Darussalam dan Turkey


Halo, selamat malam sahabat gubuk inspirasi^^

Di malam spesial ini, khususnya bagi para jomblo karena ini malam minggu, admin akan memberikan informasi penting juga bermanfaat. Untuk kalian para mahasiswa, jangan khawatir! karena saat ini telah dibuka dua jalur beasiswa Brunei Darussalam dan Turki. Untuk lebih lanjut kuy simak artikel ini. 

BRUNEI DARUSSALAM


Pemerintah Brunei Darussalam menawarkan beasiswa, baik di jenjang sarjana maupun pascasarjana bagi mahasiswa yang berasal dari negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), ASEAN, Commonwealth serta keanggotaan yang lainnya.

Cakupan Beasiswa Brunei Darussalam

1. Gratis atau bebas biaya kuliah selama masa studi di Brunei Darussalam.
2. Tunjangan hidup per bulan sebesar BND 500 (1 BND = Rp 10.477,-, total tunjangan yang diberikan senilai Rp 5.477.000,-).
3. Tiket pesawat ekonomi pulang pergi pada awal dan akhir masa perkuliahan.
4. Tunjangan Pembelian Buku BND 600 atau setara dengan Rp 6.286.200.
5. Uang makan per bulan BND 150 atau setara dengan Rp 1.571.550.
6. Akomodasi tempat tinggal.
7. Biaya Asuransi Kesehatan selama masa Studi.

Kriteria Penerima Beasiswa

1. Pemohon termasuk warga negara ASEAN, Commonwealth, OIC, dan negara lainnya yang memenuhi syarat.
2. Pemohon berusia 18-25 Tahun untuk S1, kurang dari 35 tahun tepat sebelum bulan Juli untuk S2 dan S3.
3. Bukan warga negara Brunei Darussalam.
4. Tidak menerima beasiswa lain.

Persyaratan Dokumen

1. Fomulir Pendaftaran S1, S2 dan S3.
2. Pasfoto terbaru (ukuran standard paspor).
3. Statement of Purpose.
4. Salinan Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah dilegalisir.
5. Ijazah dan transkrip nilai yang sudah di dilegalisir (lampirkan dalam bentuk bahasa inggris).
6. Salinan fotokopi akta kelahiran dan paspor yang telah dilegalisir.
7. Mampu berbahasa Inggris dibuktikan dengan melampirkan sertifikat (TOEFL, BEC, IELTS, dll).
8. Surat rekomendasi dari 3 dosen/professor yang pernah membimbing/bekerjasama/mengenal kamu.
9. Memiliki sertifikat akademik (O Level, A  Level, HND atau yang lain).
10. Dokumen yang tidak dalam bahasa inggris harus diterjemahkan secara resmi oleh penerjemah 
tersumpah atau terjemahan langsung dari pihak universitas dan telah dicap.

Proses Pendaftaran

Proses pendaftaran dimulai dengan cara mengisi formulir pendaftaran online. Untuk mahasiswa internasional diwajibkan untuk mengirimkan dua salinan ijazah yang telah dilegalisir ke Office of Admissions, Chancellor Hall, Universiti Brunei Darussalam, Tungku Link, Gadong BE1410, Brunei Darussalam.

Selengkapnya disini  

Beasiswa Turki 2019 – 2020 (S1, S2 dan S3) Full 


Turki bisa menjadi tujuan studi menarik yang bisa Anda coba. Ada beberapa beasiswa kuliah yang tersedia. Salah satu yang patut dicoba adalah Türkiye Scholarships. Beasiswa ini disediakan Pemerintah Turki setiap tahun. Apa saja peluangnya? Melalui skema terbaru Türkiye Scholarships 2019 Applications. Pelamar internasional (selain Turki) bisa melanjutkan studi jenjang S1, S2 maupun S3 melalui beasiswa Turki 2019 – 2020 tersebut. Beasiswa penuh melalui Türkiye Scholarshipsditujukan untuk kuliah di universitas- universitas terbaik yang ada di Turki. Pelamar Indonesia salah satu yang mendapatkan  kesempatan meraih beasiswa ini.

Beasiswa Pemerintah Turki 2019 mencakup tunjangan bulanan sebesar 700 TL (± Rp 1,8 juta) per bulan untuk beasiswa S1, 950 TL (± Rp 2,5 juta) per bulan untuk beasiswa S2 Turki dan 1.400 TL (± Rp 3,7 juta) per bulan buat penerima beasiswa S3 Turki. Selain tunjangan bulanan, Beasiswa Turki juga menanggung semua biaya perkuliahan, akomodasi, tiket pesawat PP ke Turki, asuransi kesehatan, serta kursus bahasa Turki selama satu tahun sebelum perkuliahan dimulai. 

Yang menarik dari Beasiswa Turki 2019 ini adalah pelamar tidak perlu mengajukan aplikasi terpisah untuk mendaftar ke universitas. Mereka menggunakan sistem tunggal. Jadi, program beasiswa sekaligus juga menyediakan penempatan ke universitas. Ketika mendaftar beasiswa secara online, Anda juga sudah bisa mendaftar langsung ke universitas yang diminati menggunakan formulir aplikasi yang sama. Ketika nantinya diterima di program beasiswa secara otomatis akan diterima juga di universitasnya.Pealamar juaga biasa memimilih maksimal 12 universitas dan departemen.

Kebanyakan program studi yang ditawarkan menggunakan bahasa Turki. Tapi, jangan khawatir ada juga program yang menggunakan bahasa pengantar Inggris, Arab, atau Perancis. Pelamar hanya perlu memastikan memiliki sertifikat kemampuan bahasa yang diakui internasional untuk memilih program tersebut, seperti TOEFL dan IELTS. Nantinya pelamar juga akan dimintai nilai tes seperti GRE, GMAT, atau SAT jika terpilih mengikuti wawancara.  

Persyaratan:

1.Merupakan warganegara selain Turki (mereka yang berkewarganegaraan Turki sebelumnya tidak dapat mendaftar)
2. Tidak terdaftar sebagai mahasiswa di Universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar
3. Lulus (SLTA, sarjana,atau master) sebelum September 2019
4. Berusia di bawah 21 tahun untuk program sarjana
5.Berusia di bawah 30 tahun untuk program master
6.Berusia di bawah 35 tahun untuk program doktor

Dokumen aplikasi:

1. KTP atau Paspor
2. Pasfoto terbaru
3. Nilai ujian nasional (diperlukan untuk kandidat yang tidak memiliki kualifikasi atau sertifikasi internasional)
4. Ijazah atau surat keterangan lulus sementara
5. Transkrip akademik
6. Nilai ujian internasional (GRE, GMAT, DELF, YDS, YÖS, dll. Jika diminta oleh universitas & program yang dipilih)
7. Nilai tes bahasa (jika diminta oleh universitas dan program yang dipilih)
8. Proposal penelitian dan contoh karya tertulis Anda (hanya untuk pelamar PhD)

Buatlah akun terlebih dahulu melalui laman tersebut pada bagian “Register”. Isi formulir registrasi, kemudian periksa email untuk aktivasi. Selanjutnya Anda sudah bisa log in kemudian mengajukan aplikasi online berdasarkan dokumen aplikasi yang diminta. Scan dokumen asli, lalu unggah di akun yang sudah dimiliki. Perhatikan juga apakah pihak universitas atau jurusan meminta dokumen seperti sertifikat TOEFL/IELTS, GRE/GMAT, DELF,dll. 

Karena itu, sebaiknya sebelum mendaftar Anda terlebih dahulu menemukan jurusan dan perguruan tinggi yang tepat untuk studi.

Pendaftaran online dibuka mulai 15 Januari s/d 20 Februari 2019. Silakan daftar lebih awal sebelum deadline berakhir. Bagi kandidat yang lolos seleksi administratif, akan mengikuti tahap wawancara yang akan diberitahukan melalui email yang didaftarkan. Wawancara tersebut dapat dilakukan melalui telepon atau internet. Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan Juli 2019. Masalah teknis pendaftaran lainnya bisa menghubungi Türkiye Burslari Call Center : 0850 455 0 982 atau email:  info@turkiyeburslari.gov.tr. atau buka link nya disini


Semoga berhasil!

Semangat gaess persiapakan dirimu mulai saat ini. “YOUR FUTURE IS CREATED BY WHAT YOU DO TODAY!NOT TOMORROW”. Admin pamit yess, jangan lupa stay tune 

_____

Picture source : www.debt.org
Kontributor : Oca

4 comments:

Powered by Blogger.