Contoh CV dan Kiat Melewati Interview Pekerjaan


Selamat pagi para pembaca 😉 Kali ini admin bakal bahas tentang CV. Yups, Curriculum Vitae. Dokumen ini biasanya sangat diperlukan bagi kalian yang ingin ngelamar pekerjaan! Terus, CV yang baik dan meyakinkan itu kek gimana sih?

Sebenarnya tidak ada ayang absolut, tapi dalam CV kita harus menjelaskan diri kita secara singkat dan padat. CV itu bagai citra diri kita, buatlah CV semenarik mungkin. Lalu apa saja yang harus ada dalam CV? Baerikut, beberapa hal yang admin sarankan untuk ditulis dalam Curriculum  Vitae kisanak

  • Nama
  • Umur
  • Alamat
  • Riwayat Pendidikan
  • Riwayat Pekerjaan
  • Penghargaan
  • Keahlian


Sebenarnya masih banyak hal lain yang bisa kalian lampiran, tapi admin pikir hal di atas sudah cukup untuk melambangkan kalian, tentu jangan lupa bubuhi dengan foto diri terbaru kalian ya! jangan ditambahin foto zaman SD atau zaman baheula ya!

Kalau bingung, nih admin kasih contoh CV admin ya! silahkan di download di link di bawah ini

Google Drive | 1 MB

Terus apalagi setelah CV?

Persiapkan mental bung! ketika kita melamar pekerjaan kita bakal diberi beberapa pertanyaan saat intervew.

Sekalian deh admin kasih beberapa tips buat kalian yang lagi graga-grogi nunggu panggilan interview! Admin kasih 3 contoh pertanyaan yang umum ditanyakan ketika interview

Gambarkan diri anda


Apa yang ada di benak Anda saat tim HRD bertanya tentang diri sendiri? Apakah gambaran positif atau negatif? Hati-hati, pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui karakter dasar Anda. Karakter seorang pekerja merupakan aspek penting bagi perusahaan. Calon pekerja yang berkarakter kuat tentunya akan menarik perhatian pemberi kerja. Terutama jika karakter sesuai dengan nilai-nilai perusahaan.

Oleh sebab itu pilihlah 3 kata yang dapat mendeskripsikan diri Anda. Sesuaikan dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Berikan gambaran karakter yang sesuai dan pilih kata-kata positif. Misalnya yaitu jujur, pekerja keras, antusias, berkomitmen tinggi, mudah bekerjasama, komunikator yang baik, dan lain sebagainya. Pastikan karakter yang disebut memang sesuai dengan karakter anda sesungguhnya.


Apa yang Diketahui Tentang Perusahaan Ini?

Pertanyaan ini cukup penting, karena seorang pelamar wajib mengetahui tempat atau perusahaan yang dia tuju. Sehingga biasanya pertanyaan ini muncul untuk mengetahui tingkat pengenalan calon karyawan terhadap visi dan misi perusahaan.

Tips dalam menjawab pertanyaan ini yaitu, pastikan fokus pada sisi positif perusahaan yang akan dilamar. Jangan sampai membandingkan dengan perusahaan yang terdahulu. Tunjukkan bahwa perusahaan yang sedang dilamar ini memiliki keunggulan-keunggulan yang membuat Anda tertarik untuk bergabung. Hal ini dapat membuat perusahaan menjadi semakin tertarik untuk memilih Anda sebagai karyawan.

Jelaskan Rencana Anda ke Depan!


Maksud dari pertanyaan ini yaitu untuk mengetahui berapa lama ingin bergabung dengan perusahaan yang dilamar. Jangan sampai ternyata perusahaan salah mempekerjakan seorang “kutu loncat” atau pegawai yang senang berpindah-pindah perusahaan.

Untuk menjawab pertanyaan ini, uraikan untuk tujuan jangka panjang. Pastikan bahwa Anda melibatkan perusahaan yang dilamar sebagai bagian dari rencana. Jawablah dengan bijak dan pikirkan dengan matang. Jangan sampai menjawab seadanya.

_____

Nah itulah beberapa tips yang bisa admin bagikan pagi hari ini, selamat beraktivitas dan jangan lupa bahagia hari ini 😇

_____

Sumber Cuplikan;
cermati.com
Sumber gambar ;
Pixabay.com

No comments

Powered by Blogger.